Author Guidelines

Jika anda tertarik ingin menerbitkan naskah anda di jurnal kami maka pelajari terlebih dahulu bagian  About the Journal dan seluruh kebijakan dalam jurnal ini. Setelah itu lakukan Register serta persiapkan naskah sesuai dengan ketentuan-ketentuan pada bagian ini. Jika sudah terdaftar, cukup Login dan memulai proses lima langkah.

Artikel yang dikirimkan ke IRAJIP harus dikirimkan melalui Online Submissions. Artikel belum pernah dimuat atau sedang diajukan untuk diposting di jurnal lain. Hal ini dibuktikan dengan mengisi pernyataan penulis atau pernyataan orisinalitas dan diajukan bersama-sama pada saat mengirimkan artikel. Surat tersebut dapat diunduh dalam file tambahan pada Surat Pernyataan Klirens Etik Publikasi Ilmiah [MS-Word/pdf].

Petunjuk Penulisan

  1. Naskah artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
  2. Naskah harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup IRAJIP.
  3. Naskah merupakan hasil penelitian (scientific article), ulasan artikel (article review), dan komunikasi pendek (short communication).
  4. Artikel diketik dengan menggunakan MS Word dengan jumlah halaman tidak melebihi 10 lembar dengan ukuran kertas A4, 1 spasi, 1 kolom, margin atas (2 cm), bawah (2 cm), kiri (2,5 cm) dan kanan (2cm).
  5. Huruf yang digunakan adalah Calibri 12pt secara keseluruhan kecuali Judul, Nama Penulis, Institusi, Corresponding author email ikuti template.
  6. Gunakan artikel template IRAJTMA yang dapat diunduh disini [MS-Word/PDF].
  7. Isi dalam artikel meliputi Judul, Nama Penulis, Institusi, Corresponding author email, Abstrak, Pendahuluan, Metodologi, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih dan Daftar Pustaka.

Struktur Naskah IRAJTMA

  1. Judul: ditulis dalam 2 bahasa (Indonesia dan Inggris) untuk artikel berbahasa Indonesia dan jangan terlalu panjang maksimal 16 kata.
  2. Penulis: Nama dan alamat lengkap institusi penulis harus ditulis dengan jelas.
  3. Abstrak: dibuat dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Inggris untuk artikel berbahasa Indonesia dengan jumlah kata 150-250. Abstrak harus terdiri dari pendahuluan, metode, hasil dan kesimpulan, Referensi, gambar, tabel tidak diperbolehkan dalam abstrak.
  4. Kata kunci: Terdiri dari kata-kata yang dapat digunakan untuk mencari artikel dengan jumlah 3-5 kata.
  5. Pendahuluan: Latar belakang, tinjauan teoritis, dan tujuan penelitian, harus dicantumkan secara implisit dalam pendahuluan.
  6. Metode: Semua metode penting, termasuk bahan-bahan penting, yang diterapkan dalam penelitian harus dijelaskan di sini.
  7. Hasil dan Pembahasan: Bagian ini menjelaskan hasil, ilustrasi, interpretasi, generalisasi hasil dan hubungannya dengan penelitian terkait sebelumnya.
  8. Kesimpulan: Secara singkat menggambarkan temuan penting dari penelitian dan harus didasarkan pada fakta.
  9. Ucapan Terima kasih: disampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung penelitian dan penulisan artikel.
  10. Referensi: Referensi menggunakan gaya citasi Chicago Manual of Style 17th edition  (author-date) dan lebih baik mengggunakan Mendeley sebagai Manajer Referensi.
  11. Setiap bab dan subbab diberi penomoran, misal bab dan subbab : 1. dan 1.1.
  12. Ukuran huruf dalam tabel harus lebih kecil dari ukuran huruf isi.
  13. Judul gambar ditulis dan diposisikan bagian bawah gambar dan menggunakan rata tengah.